Pembangunan Gedung Baru STP Dian Mandala

July 16, 2009 by  
Filed under News

Pada tanggal 29 Mei 2008, telah diadakan acara doa untuk memulai pelaksanaan pembangunan Gedung Baru STP Dian Mandala Gunungsitoli di lokasi Gedung SD Mutiara lama. Hadir pada saat itu, Panitia Pembangunan Gedung Baru STP Dian Mandala, P. Servas Dange, SVD mewakili Keuskupan Sibolga, Pak Vincent Lase mewakili BRR, Ketua DPRD Kab. Nias, ibu yang mewakili Darma Wanita Kab. Nias, Pak Petrus sebagai kontraktor yang akan mengerjakan pembangunan gedung STP ini, Pastor Paroki Santa Maria BPB Gunungsitoli serta dosen dan beberapa orang mahasiswa STP Dian Mandala.

Mengawali acara ini, Ketua Panitia Ibu Lenny Baeha menyampaikan kata sambutannya, dengan tetap mendukung dan meneruskan rencana pembangunan gedung STP Dian Mandala ini, yang dulu tertunda pada tahun 2004 yang lalu. Biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan gedung ini, disampaikan oleh Ketua, sebesar 3M. Dana yang sudah ada masih belum cukup untuk itu. Maka Panitia mengharapkan partisipasi dari BRR, pihak Keuskupan dan Pemerintah Kabupaten Nias. Semua rencana ini tentu akan berhasil jika kita menyerahkannya ke dalam tangan Tuhan Yang Maha Esa, ujar beliau.

Diteruskan setelah itu, kata sambutan dari Pak Vincent Lase mewakili BRR. Beliau mengatakan bahwa sekitar tahun 2004-2006 yang lalu, kami menunggu proposal masuk dari Panitia Pembangunan Gedung STP ini, tetapi tidak tahu apa sebabnya maka sudah terlambat untuk mendapatkan bantuan tersebut. Dalam program BRR, pendidikan merupakan salah satu prioritas. Dan ini harus terus didukung. Tentu diharapkan hal ini akan masuk dalam program 2009. BRR selalu membantu dan mendukung pembangunan ini. Beliau mengatakan juga, bahwa semua ini terlaksana berdasarkan iman akan Tuhan, dan berharap semoga nantinya gedung ini akan bermanfaat dalam rangka mendukung pendidikan di Nias, menghasilkan SDM yang berkualitas, serta sistem pendidikan yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas calon-calon pemimpin masa depan.

P. Servas Dange, SVD mewakili Keuskupan Sibolga turut menyampaikan kata sambutannya. Pertama-tama beliau mengatakan rasa syukur kepada Tuhan bahwa rencana pembangunan Gedung STP Dian Mandala dapat terlaksana pada saat ini. Ucapan terimakasih juga kepada Panitia yang telah merancang pembangunan gedung baru STP Dian Mandala. Beberapa pesan dari Keuskupan yaitu:

-     Menurut keyakinan Keuskupan, gedung ini pasti kokoh, kuat dan indah. Tetapi harapan kita juga isi yang dihasilkan di dalamnya juga bagus. Mahasiswa yang dihasilkan adalah orang-orang beriman yang berbobot bagi Gereja dan masyarakat.

-     Menghimbau semua pihak untuk berpartisipasi mensukseskan pembangunan gedung baru ini, baik dari pihak pemerintah , lembaga legislatif, BRR dan pihak-pihak lainnya.

-     Pihak Keuskupan juga tidak lepas tangan untuk membantu kelancaran pembangunan Gedung ini. Keuskupan terus mendukung.

Ketua STP Dian Mandala P. Marinus Telaumbanua, OFMCap juga turut memberikan kata sambutannya dalam acara ini. Beliau bangga dan bersyukur atas terlaksananya  pembangunan gedung STP ini. Dan akan berusaha semakin meningkatkan kualitas yang akan dihasilkan  lembaga ini ke depan. Sebagai informasi, langkah awal dalam rencana kemandiriran STP ke depan ini, terbukti dengan diterimanya berkas-berkas kita di Jakarta. Semoga apa yang kita rencanakan ini akan segera terealisasi dengan baik, demi kemajuan sekolah ini dan demi untuk cita-cita kita bersama. Ditambahkan juga, supaya kontraktor melihat kembali denah gedung tersebut, karena belum termuat ruang perpustakaan. Karena, perpustakaan merupakan jantung sebuah Perguruan Tinggi. Ucapan terimakasih juga kepada Panitia dan semua pihak yang telah mendukung suksesnya pembangunan gedung baru STP Dian Mandala. Semoga Tuhan memberikan berkatnya kepada kita semua.

Dipertengahan acara ini, Pak Petrus (kontraktor) memaparkan denah Gedung Baru STP di atas tanah seluas 1,323 m², dan bertingkat atau berlantai dua (2).

Kata sambutan terakhir oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias, menyampaikan dukungan atas pelaksanaan pembangunan gedung STP Dian Mandala ini, demi kemajuan pendidikan kita di Nias ini. . Rencana ini sudah dimasukkan dalam RAPBD Kabupaten Nias tahun ini. Kita berdoa semoga pembangunan ini dapat terwujud dan dapat berguna bagi Gereja dan juga masyarakat.

Karena pelaksanaan pembangunan  gedung baru ini didasarkan pada iman akan Yesus, maka acara ini ditutup dengan ibadat bersama yang dipimpin langsung oleh P. Agustinus Supardi, Pr sekalugus memberikan berkat kepada kontraktor dan para pekerja, supaya mereka dapat melaksanakan pekerjaan ini dengan baik dan terhindar dari segala bahaya dan kecelakaan.

Pembangunan Gedung Baru STP Dian Mandala ini, sekali lagi akan terlaksana dan terwujud berkat kasih dan kekuatan dari Allah, sehingga kelak dapat menghasilkan pekerja pastoral yang siap pakai, bagi Gereja dan masyarakat. Semoga Yesus menuntun dan membimbing kita dalam pelaksanaan pembangunan gedung baru ini.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!