Peroleh Izin Operasional

July 20, 2009 by  
Filed under Bidang Ilmu, News

STP Dian Mandala Gunungsitoli Keuskupan Sibolga telah mencatat sejarah panjang. Sudah selama 17 tahun mengelola pendidikan pastoral tingkat akademis bagi calon-calon Guru Agama Katolik, Katekis dan petugas pastoral. Tetapi jauh sebelum itu pendidikan tenaga kegerejaan ini sudah berawal di PGAK (Pendidikan Guru Agama Katolik) Dian Mandala, yang mulai beroperasi pada tahun 1979. Pimpinan masa itu antara lain: P. Paulinus Manaõ OFMCap, Sr.Theresia Hondrö SCMM, Sr. Bernadet Chandra SCMM, dan Bpk. Drs. Wilhelm Ndruru (alm). Sejalan dengan peraturan pemerintah, maka PGAK ditiadakan dan diganti dengan Institut Pastoral Dian Mandala Filial IPI Malang. Sejarah singkatnya sebagai berikut:

1.   Diterbitkan Surat Izin Dirjen Bimas Katolik Departemen Agama RI No. G/PP.03.2/128/91, tanggal 2 Februari 1991, yang ditujukan kepada Rektor Institut Pastoral Indonesia (IPI) Malang untuk membuka Filial Program Diploma Dua (D2) dan Diploma Tiga (D3) Pendidikan dan Pengajaran Agama Katolik di Sekolah, mulai Tahun Kuliah 1991/1992 pada Keuskupan Sibolga – Sumatera Utara.

2.     Surat Keputusan Rektor IPI, Nomor: 11 Tahun 1991 dan Nomor: MLG-01/SK-DIP/IPI/III/1991, tanggal 18 Maret 1991, perihal Pembukaan Filial Program Diploma Dua (D2) dan Program Diploma Tiga (D3) Pendidikan Agama Katolik di Sekolah Tinggi Pastoral Gunungsitoli – Nias – Keuskupan Sibolga.

3.     Surat Keputusan Uskup Sibolga, No: 039/KS – SK/91, tanggal 20 Maret 1991, tentang Pembukaan Filial IPI-Malang, Program D2 dan D3 Keuskupan Sibolga, cq. Gunungsitoli. Pimpinan pertama adalah Bpk. Drs. Wilhelm Ndruru (alm) dan menyusul kemudian Bpk. Zeno N. Halawa, S.Ag.

4.     Keputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Katolik Departemen Agama RI No: Dj.IV/Hk/005/42/2004 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Kuliah Kelas Jauh (KKJ) Program S1 Sekolah Tinggi Pastoral (STP-IPI) Malang di Nias Keuskupan Sibolga. Pimpinannya Bpk. Zeno N. Halawa, S.Ag hingga Februari 2008, menyusul dipimpin oleh P. Dr. U. Marinus Telaumbanua, OFMCap sejak tanggal 5 Maret 2008.

5.     Keputusan Ketua STP-IPI Malang Nomor 05/K/IPI/IV/2004 tentang Pembukaan Kuliah Jarak Jauh (KJJ) Program S1 Jurusan Katekese Pastoral di Nias Keuskupan Sibolga.

Jadi, sudah sejak tahun 1991 ada pengalaman berharga dalam hal seluk beluk pengelolaan dan pengaturan mekanisme Perguruan Tinggi Agama Katolik Swasta (PTAKS) yang pada tahun 2004 diberi nama Sekolah Tinggi Pastoral Dian Mandala Gunungsitoli, Filial STP-IPI Malang di Nias.

Mendesaknya kebutuhan besar akan tenaga guru agama Katolik dan tenaga pastoral lainnya, tersedianya fasilitas yang memenuhi persyaratan akademis, sehat dan lengkap, tersedianya tenaga kependidikan dan tenaga administrasi yang tetap dikembangkan, adanya dukungan positif dan menggembirakan dari banyak pihak, adanya mahasiswa yang merasa terpanggil menjadi pelayan gerejani, adanya kemampuan finansial untuk pengelolaan yang baik dan kontinu maka dapat disimpulkan:

  • Sangat layak didirikan STP Dian Mandala Gunungsitoli, Keuskupan Sibolga dalam tahun akademik 2008/2009, yang berarti tidak lagi filial STP-IPI Malang.
  • Program yang dimohonkan adalah program Strata 1 (S1) jurusan Pastoral Kateketik.
  • Izin yang dimohonkan meliputi: Program S1 Reguler, Program KKK (Kuliah Kelas Khusus) dan Program KJJ (Kuliah Jarak Jauh). Ketiga program ini akan tepat menjawab kebutuhan masyarakat banyak, khususnya kebutuhan 630 sekolah (SD, SMP, SMA dan PT) se wilayah Keuskupan Sibolga. Implikaisnya tenaga pendidik pun akan berijazah S.Ag (Sarjana Agama).

Hari Selasa tanggal 26 Agustus 2008 Dirjen Bimas Katolik Depag RI Bpk. Drs. Stef Agus bersama Ibu dan rombongan datang ke Gunungsitoli untuk memenuhi permohonan Keuskupan Sibolga. Melalui SK Nomor Dj.IV/Hk.00.5/137/2008 Bapak Dirjen atas nama Pemerintah memberi izin penyelenggeraan pendidikan tenaga pastoral kegerejaan di STP Dian Mandala Gunungsitoli, Keuskupan Sibolga. Bapak Uskup Mgr. Dr. Ludovicus Simanullang, OFMCap. melalui Surat Keputusan Nomor 015.1/KS-SK/2008 telah menetapkan unsur pimpinan STP DM yakni: P. Dr. U. Marinus Telaumbanua, OFMCap (Ketua), Zeno N. Halawa, S.Ag (Puket I), Feronika Zai, S.Ag (Puket II), dan Stefan Y. Zebua (Puket III). Syukur kepada Tuhan Allah kita dan ribuan terimakasih kepada semua pihak.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!